Header Ads Widget

header ads

Sekda Cianjur Resmikan Gedung PPIH




Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah yang sudah terkenal sebagai daerah pembudidaya ikan terbesar di Indonesia, salah satunya yaitu budidaya ikan hias. Potensi tersebut memberikan peluang dalam menumbuhkan kegiatan perekonomian yang memberi dampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, H. Oting Zaenal Mutaqin, SH, MM. Saat meresmikan gedung Pusat Promosi Ikan Hias (PPIH) dan kontes ikan hias koi Cianjur ke- 3. Minggu (25/01/15) di Kec. Cugeunang Cianjur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda Cianjur, Asisten Pemkesra Setda Kab. Cianjur, Camat Cugeunang, Unsur Muspika para pegawai dilingkungan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Cianjur, pengusaha ikan hias Cianjur serta tamu undangan lainnya.

Menurut  Sekda untuk mengembangkan pasar ekspor ikan hias dalam persaingan yang global ini, maka antisipasi secara dini pasar ikan hias menjadi kunci dari keberhasilan. Sehingga pendekatan utama dari kajian strategi pengembangan ikan hias dalam menunjang ekspor adalah pendekatan pasar, salah satu upaya yang dilakukan yaitu membangun pusat promosi ikan hias yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan sebaran komoditas hayati tersebut serta untuk meningkatkan penjualan dan promosi ikan hias asli pembudidaya warga Cianjur.

Selanjutnya Sekda mengatakan pembangunan perikanan tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab semua pihak, besarnya keterkaitan dengan berkembangnya sektor ini terhadap sektor – sektor ekonomi lainnya, untuk itu partisipasi masyarakat dalam setiap program peternakan dan perikanan sangat dibutuhkan terutama dalam mengadopsi teknologi yang dapat meningkatkan kondisi dan kebutuhan petani, peternak dan pembudidaya ikan sesuai dengan potensinya.

“Saya berharap dapat mengakomodir kondisi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan potensi sumberdaya yang dikuasainya bagi pengembangan usaha perikanan serta dapat meningkatkan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat.” Harap Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan, Perikanan Dan Kelautan Kab. Cianjur, Djoni Rozali, SH., melaporkan tujuan peresmian pusat promosi ikan hias Cianjur, untuk mendukung pengembangan usaha budidaya ikan hias masyarakat Kabupaten Cianjur, dalam rangka mengoptimalkan sumberdaya yang ada (SDA, SDM dan peluang pasar ikan hias yang masih terbuka). (Gin*Cfm)