Header Ads Widget

header ads

Tabungan Kesejahteraan Guru Agama (TAKESGA) Kec. Cianjur dan Kec. Cilaku memiliki 75 anggota

Info Cianjur FM,


Dari jumlah 75 anggota tersebut, yang didominasi oleh guru-guru agama PNS maupun para pensiunan. Sedangkan sarat untuk menjadi anggota Takesga, yaitu guru agama di tingkat MI dan MTs, serta pegawai KUA termasuk di dalamnya kepala KUA.
Namun dengan adanya tunjangan sertifikasi, lauk pauk, fungsional, dan tunjangan daerah. Sangat berpengaruh pada jumlah peminjam menjadi kurang.
Untuk Takesga sendiri mampu memberi pinjaman sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta Rupiah) kepada anggaotanya. Untuk itu, Takesga Kec. Cianjur, Kec. Cilaku menghimpun 3(tiga) macam simpanan yaitu, simpanan wajib anggota(SWA), simpanan hari raya(SHR).
Sedangkan simpanan SWA ditetapkan minimal sebesar Rp. 10.000,-/ bulan,  untuk SHR tidak ada batasan namun dapat diambil menjelang hari raya, seperti hari raya iedul Fitri.
Adapun sistem yang digunakan Takesga sendiri ialah, anggota menabung dan anggota pun dapat meminjam. Selain itu Takesga juga menyediakan dana sosial untuk anggota. Dana sosial tersebut dikeluarkan jika ada anggota yang sakit, atau meninggal dunia.* Cianjur fm