Header Ads Widget

header ads

Ribuan pohon ditanam di lahan kritis Daerah Airan Sungai Citarum


Sebanyak 2.500 jenis pohon buah ditanam di lahan kritis Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Kampung Cibadak Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, Minggu (02/02/2020).
Acara penanaman pohon yang dihadiri Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman, berbarengan dengan HUT ke-47 PDI Perjuangan.
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur Susilawati mengatakan, penanaman pohon di DAS Citarum sebagai rintisan dari rencana besar pencanangan leuweung Padjadjaran di Kabupaten Cianjur.
"Hari ini kami tanam 2.500 pohon, kami bukan hanya sekadar hadir sebagai partai politik di tengah warga, namun ikut juga aktif memelihara lingkungan khususnya Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaresmi, yang beberapa waktu lalu juga terjadi bencana," katanya.
Susi mengatakan, selain aktif memelihara lingkungan, pihaknya juga mengembangkan pemahaman kepada generasi muda untuk menjaga budaya dan menjadi pelaku sekaligus pelestari budaya jangan hanya menggemari.
"Budaya Cianjur seperti Mamaos sudah sedikit penerus, hari ini PDI Perjuangan terus melaksanakan diskusi dengan budayawan agar generasi muda mencintai sekaligus menjadi pelaku aktif budaya," ungkapnya.
Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, sangat bersyukur pemerintah Kabupaten Cianjur pada hari ini bersama-sama bisa melaksanakan penanaman pohon. Bahkan Pemkab Cianjur juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari partai PDIP. Dimana telah bersedia peduli terhadap rawan bencana. Dengan begitu antisipasi pergerakan tanah ini bisa dimaksimalkan, setelah dilakukan penanaman pohon.
"Saya ucapkan terima kasih telah peduli terhadap lingkungan, dan saya juga ucapkan selamat atas Ulang Tahun PDI Perjuangan yang ke-47 ini. Semoga tetap jaya, dan lebih dicintai rakyat Indonesia," ucapnya.
Anggota DPR RI Diah Pitaloka mengatakan, PDI Perjuangan secara masif melakukan upaya penyelamatan lingkungan dengan cara penanaman pohon secara serentak di wilayah Jabar.
"Kami menyadari masih banyak bagian dari kesadaran lingkungan yang perlu digerakan secara aktif, banyak lahan gundul di Jabar, Cianjur juga saya mendapat informasi longsor beberapa titik," katanya.
Ketua Pelaksana, Dadang Sutarmo, mengatakan kalau ditotal di lahan yang sempat terjadi bencana akan ditanam sebangak 5.500 pohon dari berbagai macam jenis.
"Saya juga mengimbau semua PAC di daerah harus ada penanaman pohon bukan hanya DAS Citarum, kader juga harus aktif menanamkan pemahaman sejak dini pentingnya menanam pohon," katanya. (Ghienz)