Header Ads Widget

header ads

JABARTEL TATA SERAT OPTIK DI CIANJUR

CIANJUR - Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur membuka secara resmi Groundbreaking Pelaksanaan Ducting, penataan Kabel Serat Optik Bersama di Kabupaten Cianjur, yang saat ini kegiatan difokuskan diwilayah Perkotaan, Kamis (16/08/18).

Kepala Diskominfosantik Kabupaten Cianjur Muhamad Tedy Artiawan mengatakan, menyambut baik adanya ground breaking pembangunan saluran serat optik bersama untuk menciptakan estetika kota.

"Seiring dengan pembangunan Cianjur tentu hal ini menciptakan estetika kota sesuai dengan visi misi pak Bupati, pembangunan infrastruktur telekomunikasi informasi dan komunikasi harus sesuai tata ruang demi menciptakan kenyamanan warga. Pembangunannya akan selesai bulan Oktober hal ini menjadi penting karena apa yang akan dibangun BUMD Provinsi Jabar Telematika ini akan menunjang semua perkembangan teknologi di Cianjur," katanya.

", pembangunannya direncanakan akan sampai ke Kecamatan Campaka dimana direncanakan pusat pemerintahan, " paparnya.

General Manager Jabar Telematika, Iyus Ferdias mengatakan, latar belakang pembangunan merupakan kebutuhan warga dan tren masyarakat yang selalu ingin terhubung.

"Di satu sisi pembangunan TIK meningkatkan dampak ekonomi yang bisa memanfaatkan jaringan yang terbangun, penetrasi broadband bisa membuat layanan kepada warga bisa menjadi cepat. Di sisi lain pembangunan jaringan serat optik bagi para operator yang berlomba-lomba membuat kabel udara bisa meminimalisir kabel yang berseliweran di jalan," imbuhnya.

Ia berharap dengan adanya penataan kabel serat Optik dapat menunjang kinerja pemerintah daerah dalam memaksimalkan pelayanan sebagai contoh kecil dalam pembuatan KTP.

"Kami sudah melaksanakan program ini di beberapa kota seperti di Depok kami menurunkan 10 kilometer kabel udara sehingga Jalan Margonda jadi indah," katanya.

Ia mengatakan Cianjur sudah banyak kabel udara dan cukup mengkhawatirkan. Ia mengatakan saat ini ada 45 operator seluler dan 150 operator internet, jadi bisa dibayangkan jika tak ada serat optik kabel yang berseliweran akan memenuhi trotoar.

"Saya berharap dengan adanya pembangunan serat optik ini memberikan banyak efek bagi warga," katanya.

Sementara Sekda Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi mengatakan, kaitan dengan pembangunan serat optik sangat selaras dengan visi misi Cianjur yang saat ini sebagian besar anggarannya diperuntukkan bagi infrastruktur.

"Mempercantik kota itu wajib, jadi saya menyambut baik hadirnya Jabaetel yang akan membangun serat optik, saya berharap pembangunan sesuai target dan harapan," katanya.(Ghienz)