Header Ads Widget

header ads

Ikan Koi banyak diminati

CIBEBER- Ikan Koi peranakan asli negara Jepang hasil budidaya H. Iden waega Desa Peuteuy Condong Kecamatan Cibeber itu kini mulai diminati, pasalnya Ikan Moi jenis ini banyak yang ingin memelihara . Ada dua jenis ikan Koi yang saat ini lagi mulai digandrungi dan sering mendapatkan juara ketika mengikuti lomba tingkat Nasional, diantaranya jenis ikan Koi Asagi dan Shusui.

" saat ini banyak dicari orang banyak bahkan se indonesia seperti dari pulau Sumatra, Kalimantan, pulau Jawa dan Bali sering datang bahkan melalui telfon menanyakan untuk mebeli ikan peranakan sang juara tersebut. Belum lahir saja, ikan jenis Asagi dan Shusui ini sudah banyak yang pesan," kata pemilik ternak ikan asal Cibeber H Iden belum lama ini.

Untuk ukuran usia ikan 3 bulan berbagai macam harga yang di tawarkan H. Iden, mulai dari harga Rp 250 ribu hingga Rp 2 juta per ekornya.

"Ya gimana bagusnya ikan," katanya sambil menunjukan jenis indukan ikan Asagi dan Shusui di kolam ikannya.

Di usia 3 bulan tersebut, ikan jenis Asagi dan Shusui itu bisa mencapai 15 hingga 25 senti meter. Dan memang tidak sedikit mereka para pembeli tak kecewa dengan ikan yang dibeli dari hasil ternakan yang dibeli dari H Iden tersebut karena ketika mengikuti lomba ikan-ikan dari Cibeber ini sering mendapatkan predikat juara.

"Kelebihannya itu ada di ring jenis ikan tersebut, karena selain rapih dan ketika ikan itu sudah besar maka akan terlihat seperti kapal selam," tutur Iden.

Indukan ikan Asagi yang dimiliki oleh H Iden ini asli dari Jepang, dan saat ini di usia yang baru 5 tahun itu pada saat di masukan ke kolam ikan memiliki ukuran panjang 81 senti meter dan saat ini sudah mencapai 83 senti meter. Ikan tersebut masih terus tumbuh dan produksi telur hingga usianya menginjak ke 7 atau 8 tahun baru akan berhenti masa pertumbuhannya.

"Tak perlu ada pakan khsusus dan istimewa dalam memberikan makanan ikan Koi tersebut, akan tetapi hanya cara perawatannya saja yang sedikit lebih teliti karena ikan jenis Koi Asagi ini sangat sensitif apabila ada perbedaan alat dan perubahan air meskipun sesikit tercampur kedalam kolam ikan tersebut," katanya.

Ikan jenis Asagi ini dipastikan disetiap turnamen pasti juara, dan untuk kejuaraan grand champion di Bandung Koi Show tahun 2017. Dan untuk di Jepang sendiri ikan nama lengkap Asagi ini adalah Otsuka Asagi.(ghienz)